Beranda | Artikel
Semua Milik Allah Tafsir Surah Al-Baqarah 284
Senin, 22 Mei 2023

Bersama Pemateri :
Ustadz Abu Yahya Badrusalam

Semua Milik Allah – Tafsir Surah Al-Baqarah 284 adalah kajian tafsir Al-Quran yang disampaikan oleh Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc. Kajian ini beliau sampaikan di Masjid Al-Barkah, komplek studio Radio Rodja dan Rodja TV pada Selasa, 25 Syawal 1444 H / 16 Mei 2023 M.

Download kajian sebelumnya: Hukum Gadai – Tafsir Surah Al-Baqarah 283

Semua Milik Allah – Tafsir Surah Al-Baqarah 284

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

لِّلَّهِ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ ۗ وَإِن تُبْدُوا مَا فِي أَنفُسِكُمْ أَوْ تُخْفُوهُ يُحَاسِبْكُم بِهِ اللَّهُ ۖ فَيَغْفِرُ لِمَن يَشَاءُ وَيُعَذِّبُ مَن يَشَاءُ ۗ وَاللَّهُ عَلَىٰ كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ

“Milik Allah-lah apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Dan jika kalian memperlihatkan apa yang ada pada diri kalian atau kalian menyembunyikannya, maka Allah akan hisab itu semuanya untuk kalian. Lalu Allah mengampuni untuk siapa yang Allah kehendaki dan Allah adzab siapa yang Allah kehendaki; dan Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.” (QS. Al-Baqarah[2]: 284)

Kata Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin Rahimahullah, di antara faedah ayat ini adalah:

Semua Milik Allah

Kepemilikan Allah yang bersifat umum. Artinya bahwa semua yang ada di langit dan di bumi ini milik Allah semata. Allah berfirman: “Milik Allah-lah apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi.”

Kita hanya mengetahui langit dan bumi saja. Namun masuk padanya langit, kursi, Arsy, para malaikat, arwah, dan semua yang ada di langit dan bumi milik Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Allah Mengurus Langit dan Bumi

Allah Subhanahu wa Ta’ala yang mengurus langit dan bumi. Dan Allah yang mengatur dengan apa yang Allah kehendaki. Tidak ada yang membantu Allah dalam mengatur langit dan bumi. Dan bagi Allah itu mudah. Allah berfirman: ”

وَلَا يَئُودُهُ حِفْظُهُمَا

“Dan menjaga langit dan bumi itu tidak memberatkan Allah sama sekali.” (QS. Al-Baqarah[2]: 255)

Bagaimana pembahasan lengkapnya? Mari download mp3 kajian yang penuh manfaat ini.

Download MP3 Kajian


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/52930-semua-milik-allah-tafsir-surah-al-baqarah-284/